Politeknik Kesehatan Semarang | Perpustakaan

Kegiatan Utama Perpustakaan

Kegiatan perpustakaan yang dilaksanakan oleh pengelola perpustakaan terdiri dari atas


  1. Pembinaan Koleksi Perpustakaan

Pembinaan koleksi perpustakaan dilakukan untuk meningkatkan pemanfaatan koleksi perpustakaan dalam bentuk :

  1. Penyediaan bahan pustaka yang dijadikan koleksi perpustakaan melalui pembelian, tukar menukar, hibah, hadiah dan bentuk penyediaan lain.

  2. Penyiangan koleksi perpustakaan sesuai dengan kebutuhan pengguna

  3. Perawatan bahan pustaka seperti fumigasi, penjilidan, perbaikan, dan perawatan.


  1. Pengelolaan Bahan Perpustakaan

Pengelolaan bahan perpustakaan dilakukan agar koleksi terorganisasi secara rinci sehingga memudahkan temu kembali informasi. Kegiatan ini meliputi inventarisasi, katalogisasi, klasifikasi, input database, penjajaran koleksi.

  1. Pelayanan Perpustakaan

Pelayanan Perpustakaan merupakan pelayanan yang diberikan kepada pemustaka pada jam kerja yang telah dijadwalkan yaitu : Senin sampai jumat pada pukul 07.30-16.00, dan hari sabtu pada pukul 08.00 - 15.00. Untuk pelayanan pada hari minggu dan hari besar tutup. Kami juga memiliki layanan online 24 jam pada situs http://library.poltekkes-smg.ac.id dan http://repository.poltekkes-smg.ac.id/. Pada saat jam istirahat jam layanan tetap buka, petugas layanan bergantiaan untuk melaksanakan ishoma. Layanan perpustakaan yang kami miliki berupa layanan baca, layanan sirkulasi, layanan rujukan dan layanan pendidikan pemakai.

  1. Pengembangan Perpustakaan

Pengembangan perpustakaan dilakukan untuk meningkatkan kinerja perpustakaan. Kegiatan pengembangan ini meliputi pengembangan dalam bidang sumber daya manusia, koleksi, bahan pustaka, sarana dan prasarana.

  1. Perawatan Bahan dan Koleksi Perpustakaan

Perawatan bahan pustaka merupakan kegiatan sistematis yang dikembangan untuk menangani pustaka agar tetap dalam keadaan baik dan siap pakai dengan kegiatan berupa fumigasi, penjilidan, perbaikan, dan perawatan.

  1. Pelestarian Koleksi Perpustakaan

Pelestarian koleksi merupakan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan materi secara fisik. Kami juga melakukan kegiatan alih media koleksi dalam bentuk digital.

  1. Bimbingan Teknis Perpustakaan

Bimbingan teknis perpustakaan dilakukan dalam rangka meningkatkan keterampilan pustakawan. Bimbingan ini dilakukan untuk membantu dalam peningkatan kualitas jabatan fungsional pustakawan. Bimbingan ini diadakan minimal dua kali dalam kurun waktu setahun.

  1. Kerjasama

Kami telah bekerjasama dengan berbagai pihak seperti, Perpustakaan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Provinsi Jawa Tengah, UPT. Perpustakaan Universitas Diponegoro, Perpustakaan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Portal Jurnal ProQuest, Penerbit Graha Ilmu, KUBUKU E-resources,

  1. Promosi Perpustakaan

Kami melakukan kegiatan promosi perpustakaan seperti pendidikan pemakai, web, kegiatan sosial perpustakaan, poster, dan brosur.

  1. Pengabdian, Pencerdasan dan Pemberdayaan Masyarakat

Kami melakukan Pengabdian, Pencerdasan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam hal jasa informasi tanpa dipungut biaya.

Suntingan terakhir pada 2018-09-09 01:30:21



Status YM