Politeknik Kesehatan Semarang | Perpustakaan

 

Latar Belakang

Bermula dari berdirinya Poltekkes Kemenkes Semarang pada tahun 2001, dengan SK Nomor 298 / MENKES-KESOS / SK / IV/ 2001 tanggal 16 April 2001. Politeknik Kesehatan Depkes Semarang pada awalnya merupakan penggabungan dari 11 (sebelas) Akademi Kesehatan milik Departemen Kesehatan RI di Propinsi Jawa Tengah, yaitu Akademi Keperawatan Depkes Semarang, Purwokerto, Pekalongan, Blora dan Magelang, Akademi Kebidanan Depkes Semarang dan Magelang, Akademi Gizi Depkes Semarang, Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Depkes Semarang, Akademi Kesehatan Gigi Depkes Semarang serta Akademi Kesehatan Lingkungan Depkes Purwokerto yang selanjutnya menjadi Jurusan dan Program Studi di lingkungan Politeknik Kesehatan Depkes Semarang.

Berdasarkan  Permenkes Nomor: RI Nomor 890 / MENKES/ VIII/ 2007 tanggal 2 Agustus 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan, perpustakaan adalah salah satu unit penunjang penyelenggaraan Poltekkes Kemenkes. Perpustakaan adalah salah satu unit penunjang dalam penyelenggaraan pendidikan,  maka pada tahun 2008 perpustakaan yang ada di lingkungan kampus 1 yang sebelumnya perpustakaan milik Akademi Teknik Radiodiagnostik Radiodiagnostik (TRR) Semarang, Akademi Keperawatan  Semarang, dan Akademi Kesehatan Gigi yang sudah berdiri sejak tahun 1985 digabung menjadi satu perpustakaan dibawah naungan Direktorat dan sebagai UPT Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Semarang yang  diberi nama Perpustakaan Terpadu Kampus I dan perpustakaan menempati gedung D.

Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah pusat aktivitas belajar dan pelayanan informasi dan dokumentasi ilmiah di Perguruan Tinggi.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang terdapat perpustakaan dimana perpustakaan adalah salah satu unit penunjang teknis di bidang perpustakaan yang berada dibawah koordinasi PD III dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur.

Unit perpustakaan mempunyai tugas memberikan layanan bahan pustaka untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kedudukan dan  Tugas Pokok

UPT Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes mempunyai kedudukan dan tugas pokok sebagai berikut :

  1. Penyediaan dan Pengelolaan Bahan Pustaka;
  2. Pemberian layanan referensi  dan pendayagunaan bahan pustaka;
  3. Pemeliharaan bahan pustaka;
  4. Pengembangan Perpustakaan;
  5. Pelaksanaan urusan tata usaha perpustakaan.
Suntingan terakhir pada 2012-12-21 10:34:16



Status YM