Collection Details

Image

Kearifan lokal epigrafi islam masa majapahit pada makam nisan Troloyo

Mash’ud, Imam - Nama Orang

atu kearifan lokal yang saat ini mulai meredup di kalangan bangsa kita adalah kemampuan untuk menyeleksi, memfilter, dan menerima segala macam bentuk perbedaan. Di tengah gempuran arus globalisasi yang menghantam kita dari segala sisi kehidupan membuat kita tak berkutik dan cenderung menerima begitu saja budaya asing yang datang.

Kondisi ini seakan menyiratkan kealpaan bahwa kita sejatinya adalah bangsa yang besar bahkan sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan. Sebutlah masa Kerajaan Majapahit yang mencatatkan sejarah bahwa masyarakat Islam Nusantara pada saat itu tidak serta merta menerima begitu saja budaya asing yang datang. Masyarakat Islam Nusantara terlebih dahulu mengubah kebudayaan asing yang masuk dan menyesuaikannya dengan karakteristik bangsa.

Melalui buku ini, pembaca diajak untuk menggali kembali nilai-nilai kearifan lokal bangsa pada zaman Kerajaan Majapahit melalui bukti-bukti arkeologis yang banyak ditemukan di nisan-nisan Kompleks Pemakaman Islam Troloyo. Nilai-nilai yang dimaksud adalah kekayaan pengetahuan tradisional masyarakat masa lampau dalam mengubah kebudayaan asing sesuai dengan karakteristik budaya lokal. Dengan demikian, kehadiran buku ini diharapkan dapat menambah kekayaan narasi warisan budaya Islam di Majapahit serta dapat mengangkat kembali nilai-nilai luhur pluralisme dan toleransi dalam jiwa setiap individu.

Additional Information
Penerbit
Jakarta : LIPI Press
GMD ( General Material Designation )
Electronic Resource
No. Panggil
929.5
MAS
k
929.5 MAS k
ISBN/ISSN9786024962036
Klasifikasi
929.5
Deskripsi Fisik
xviii, 121 hlm.; 121 cm
Bahasa
Indonesia
Edisi
-
Subjek
-
Pernyataan Tanggungjawab
Info Detail Spesifik
-
GMD
Electronic Resource
Tipe Isi
text
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
online resource

Write a review

Please enter your name!
Will be displayed on the comment.
Please provide valid email address!
Authentication only - we won't spam you.
Please choose rating!
Please write a review!
Your review must be at least 50 characters.

Similar collection


Wishlist Menu Mbah Semar
Ask to Mbah Semar
Top