Collection Details

Image

Babad Tawangalun :wiracarita Pangeran Blambangan dalam untaian tembang

Indiarti, Wiwin - Nama Orang
Suhalik - Nama Orang
Anasrullah - Nama Orang

Babad Tawangalun merupakan naskah yang menceritakan nenek moyang keluarga Raja-Raja Blambangan yang bermula dari para Pangeran Kedhawung di abad ke-17. Silsilah Raja Blambangan dalam Babad Tawangalun ini mencakup rentang waktu lebih dari dua abad. Sebagai karya anonim, Babad Tawangalun memiliki beragam versi salinannya, baik dalam bentuk tembang (puisi) maupun gancaran (prosa).
Babad Tawangalun memiliki beragam versi, baik dalam bentuk tembang (puisi) maupun gancaran (prosa). Versi-versi gancaran Babad Tawangalun di antaranya adalah tiga buah naskah yang disimpan di Bagian Naskah Perpustakaan Nasional Jakarta, yaitu: KBG 337 yang diberi judul Boekoe dari tjerita babatnja negeri Blambangan. Naskah - naskah mempunyai cap letnan-kolonel bangsa Cina di Bandawasa, Tjoa Liang Gie, dan dibubuhi catatan bahwa naskah itu diterimanya dari rekannya di Banyuwangi; Br 384, yang sama dengan KBG 337; Br 453, yang ditulis dengan tulisan pegon (lainnya memakai aksara Jawa), dikatakan sama dengan naskah yang dipinjam dari bupati Banyuwangi dengan perantaraan Steinmetz. Dua versi gancaran lain berada di Universiteitsbibliotheek di Leiden, yaitu LOr 4087 yang diawali dengan catatan mengenai menyan; dan LOr 4088. Naskah-naskah ini memiliki salinannya: dua buah di Bagian Naskah Fakultas Sastra Universitas Indonesia, yaitu Babad Blambangan C yang disalin dari KBG 337, dan Babad Blambangan D, salinan dari Br 453, kedua-duanya dijilidkan bersama dan terdaftar sebagai G 22; dua lagi di Universiteitsbibliotheek
di Leiden, yaitu LOr 10.699 dan BCB portf. 180, kedua-duanya salinan dari LOr 4087. Keberadaan naskah ini dicatat oleh Pigeaud5 dan Witkam6.
Naskah Babad Tawangalun (FSUI/SJ.168-NR 37) yang menjadi naskah sumber alih bahasa dalam buku ini merupakan Babad Tawangalun ragam tembang satu-satunya yang tersimpan di perpustakaan dan museum di Indonesia. Naskah ini juga belum pernah dialihbahasakan secara lengkap. Dengan demikian, buku ini merupakan terjemahan pertama atas naskah Babad Tawangalun ragam tembang.

Additional Information
Penerbit
Jakarta : Perpusnas Press
GMD ( General Material Designation )
Electronic Resource
No. Panggil
091
IND
b
091 IND b
ISBN/ISSN9786237830818
Klasifikasi
091
Deskripsi Fisik
VIII, 134 p.
Bahasa
Indonesia
Edisi
-
Subjek
-
Pernyataan Tanggungjawab
Info Detail Spesifik
-
GMD
Electronic Resource
Tipe Isi
text
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
online resource

Write a review

Please enter your name!
Will be displayed on the comment.
Please provide valid email address!
Authentication only - we won't spam you.
Please choose rating!
Please write a review!
Your review must be at least 50 characters.

Similar collection


Wishlist Menu Mbah Semar
Ask to Mbah Semar
Top