Collection Details

Image

Jenis ikan introduksi dan invasif asing di Indonesia

Dewantoro, Gema Wahyu - Nama Orang
Rachmatika, Ike - Nama Orang

Sebagian dari kita mungkin tahu bahwa ikan hias semacam arwana brasil, oscar, platy, dan koi bukanlah ikan endemik Indonesia. Namun, barangkali hanya sedikit dari kita yang tahu bahwa beberapa ikan air tawar yang biasa dikonsumsi seperti mujair, mas, dan nila juga bukan ikan asli Indonesia. Mereka adalah golongan ikan-ikan introduksi (ikan pendatang) yang sengaja didatangkan ke Indonesia dengan tujuan tertentu, misalnya untuk memperbanyak jenis ikan budi daya yang unggul atau untuk memakan jentik-jentik nyamuk.

Kenyataannya, kehadiran ikan-ikan introduksi tidak serta-merta menimbulkan dampak positif bagi ekosistem perairan alam Indonesia. Muncul persoalan serius berikutnya, yaitu terancamnya keberadaan ikan asli Indonesia. Penurunan populasi ikan asli Indonesia ini, salah satunya, dipicu oleh kurang terkontrolnya penyebaran ikan introduksi di perairan Indonesia. Belakangan diketahui bahwa beberapa ikan introduksi tersebut memiliki sifat agresif atau dapat juga membawa bibit-bibit penyakit tertentu sehingga berpotensi invasif bagi ikan-ikan asli Indonesia.

Melalui buku ini, kita akan 'disuguhi' berbagai macam pengetahuan terkait jenis-jenis ikan introduksi (termasuk ciri biologis dan morfologisnya), dan juga ikan introduksi yang berpotensi invasif bagi kelestarian ikan asli Indonesia, serta bagaimana model penanganan yang efektif dalam menekan laju pertumbuhan ikan introduksi invasif di perairan Indonesia.

Additional Information
Penerbit
Jakarta : LIPI Press
GMD ( General Material Designation )
Electronic Resource
No. Panggil
597
DEW
j
597 DEW j
ISBN/ISSN9789797998486
Klasifikasi
597
Deskripsi Fisik
xviii, 192 hlm.; 21 cm
Bahasa
Indonesia
Edisi
-
Subjek
-
Pernyataan Tanggungjawab
Info Detail Spesifik
-
GMD
Electronic Resource
Tipe Isi
text
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
online resource

Write a review

Please enter your name!
Will be displayed on the comment.
Please provide valid email address!
Authentication only - we won't spam you.
Please choose rating!
Please write a review!
Your review must be at least 50 characters.

Similar collection


Wishlist Menu Mbah Semar
Ask to Mbah Semar
Top